Posted by : Diana lisnawati
Jumat, 27 November 2015
Tugas pembuatan laporan hasil diskusi mengenai
penganalisisan contoh laporan
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Pelaksanaan diskusi
Sesuai dengan materi yang harus
dipelajari disistem pembelajaran KTSP 2006 oleh siswa kelas tiga disemester ke lima,
yaitu mengenai materi “Menulis Laporan Ilmiah Sederhana” adapun salah satu
jenis laporan yang kami analisis pada kesempatan kali ini mengenai laporan perjalanan.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelajar maka kami dituntun untuk dapat
mencari, menganalisis, mempraktekan, dan membuat laporan hasil diskusi. Maka
agar kita dapat memahami unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah laporan perjalana
untuk itu kita harus bisa menganalisis hal apa saja yang terdapat dalam isi
laporan diskusi tersebut dengan cara mempelajaran contoh laporan yang dibuat
oleh orang lain. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apa poko-poko yang
terdapat didalamnya hingga kita mampu mempraktekan kegiatan diskusi untuk dapat
memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam materi yang sedang didiskusikan.
Hingga pada akhirnya kita mampu secara mandiri untuk Menulis Laporan Ilmiah
Sederhana mengenai diskusi dan perjalanan atau laporan ilmiah lainnya.
Dalam sebuah laporan perjalanan
terdapat unsur-unsur. Yang harus kita mengerti mengenai pengertian dan maksud
dari sebuah unsur yang terdapat di dalamnya. Dan mengurutkannya secara
sistematika yang terdapat dalam laporan perjalanan dan perjalanan. Agar memberi
kemudahan bagi kita untuk membuat sebuah laporan hasil diskusi yang kami
laksanakan.
B.
Tema
Menganalisis contoh laporan hasil laporan perjalanan
Subtema:
1.
Mengenai unsur dari sebuah laporan perjalanan
2.
Mengurutkannya dengan sistematika laporan itu sendiri
3.
Mengetahui pengertian dan maksud dari unsur laporan perjalanan
C.
Manfaat Diskusi
Diskusi ini diharapkan peserta
diskusi dapat memahami konsep dari sebuah diskusi hingga dapat mempraktekannya
sesuai aturan diskusi itu sendiri dan dapat mempertanggung jawabkan hasilnya
dalam bentuk laporan yang baik.
D.
Tujuan Diskusi
a.
Meningkatkan pengetahuan peserta dalam hal laporan perjalanan
b.
Malatih mental peserta
c.
Saling menghargai antar peserta lain
BAB II PELAKSANAAN DAN HASIL DISKUSI
A.
Pelaksanaan
1.
Topik Diskusi dan Pembicara
Dalam diskusi ini ditampilkan pembicara utama berikut
materi yang dijelaskan:
a.
Evi juliani membahas mengenai ( unsur-unsur dan sistematika, pengertian
laporan diskusi, kata pengantar, daftar isi )
1.
Unsur – unsur dan sistematika sama sama membahas hal yang serupahanya saja
letak perbedaannya ada pada urutannya. Dalam penyebutan unsur-unsur kita bisa
secara acak menyebutkannya satu persatu, namun apabila sistematika kita harus
secara urut satu persatu dari awal sampai akhir.
2.
Pengertian laporan perjalanan menjelaskan mengenai apa yang dimaksud
laporan perjalanan itu sendiri dan menjelaskan bentuk penulisan laporan
perjalanan.
3.
Kata pengantar menjelaskan halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si
penulis atas selesainya penulisan karya tulis.
4.
Daftar isi membahas mengenai halaman yang menjadi petunjuk isi pokok dalam
sebuah laporan.
b.
Diana lisnawati membahas mengenai (bab 1 pendahuluan yaitu latar belakang,
tunjuan, manfaat, bab 2 pelaksanaan kegiatan waktu, objek, biaya, perjalanan
hasil kegiatan )
1.
Latar belakang menjelaskan mengenai dasar atau titik
tolak untuk memberikan pemahaman
kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita
sampaikan.
2.
Tujuan membahas mengenai menjelaskan tujuan atau sasaran yang ingin dicapai
setelah melakukan kegiatan perjalanan.
3.
Manfaat menjelaskan hal apa yang dapat kita ambil setelah melakukan proses
diskusi mengenai penganalisisan laporan perjalanan tentunya memberi dampak
fositif bagi perkembangan pembuatan karya ilmiah kita selanjutnya.
4.
Bagian pelaksana kegiatan dan isinya membahas mengenai bagaimana proses
berjalannya kegiatan perjalanan tersebut.
c.
Siska wahyuni ( bab 3 penutup kesimpulan dan saran )
1 . kesimpulan Bagian ini memaparkan
pertanyaan-pertanyaan penting yang berupa simpulan atas fakta-fakta yang
berhubungan dengan objek pengamatan.
2 . Saran masukan-masukan yang
di berikan kepada pihak-pihak tertentu setelah melakukan penganalisisan.
2.
Peserta
a.
Guru bahasa indonesia sebagai pembingbing jalannya kegiatan diskusi
b.
Kelompok 2 sebagai pemateri dan pemandu jalanya kegiatan diskusi
c.
Siswa dan siswi kelas XII multimedia II sebagai pendengar
3.
Waktu dan Tempat
Diskusi ini dilaksanakan di ruangan SMKN 9 GARUT tepatnya
di kelas XII multimedia II Jl. Raya Garut – Bayongbong KM.7 Ds. Panembong.
Dilaksanakan pada hari selasa 17 november 2015 pada jam
ke tiga pelajaran 08. 30 s/d selesai.
4.
Penyelenggara
Siswi kelas XII multimedia II kelompok ke dua anggotanya
terdiri dari lima orang yaitu:
-
Diana Lisnawati
-
Evi Juliani
-
Mastatin
-
Resi
-
Siska Wahyuni
B.
Hasil Diskusi
1.
Peserta
Kegiatan diskusi yang diadakan pada
tanggal 17 november 2015 dan dengan diikuti oleh 35 Peserta dianggap telah
memenuhi kriteria.
2.
Pelaksanaan Diskusi
Diskusi yang dibuka dan dimoderatori
oleh Resi sebagai penyaji dari kelompok dua, pelaksanaan diskusi menarik dan apresiatif
ada kesinambungan antara peserta dan pendengar. Ketiga pemateri menyampaikan
pembahasan mengenai unsur diskusi. Oleh karna itu, peserta antusias dalam
menyimak dan mempelajari materi dalam diskusi ini.
3.
Kendala – kendala
Kurangnya alat pendukung seperti
infocus sehingga materi tidak dapat di baca oleh para pendengar. Juga kurangnya
waktu yang disediakan untuk diskusi sehingga ada materi tidak disampaikan
secara menyeluruh.
BAB III PENUTUP
A.
Simpulan
Kesimpulan dari hasil diskusi ini
telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Simpulan dari diskusi ini adalah
memahami apa unsur - unsur yang terdapat dalam pembuatan laporan hasil perjalanan
adalah:
1). Kata pengantar
2). Daftar isi
3). Pendahuluan
a. Latar
belakang masalah
b. Tujuan
laporan masalah
b. Manfaat
laporan masalah
4). Pelaksanaaan kegiatan
a. Waktu
b. Objek
c. Biaya
d.
Perjalanan hasil kegiatan
5). Penutup
a.
Kesimpulan
b. Saran
Dengan demikian kita dapat membuat
laporan perjalanan dengan menggunakan unsur – unsur yang telah kita pelajara
pada hasil diskusi ini.
B.
Saran
1.
Kita harus meningkatkan kreatifitas agar banyak masalah yang mampu kita
pecahkan dengan cepat dalam setiap kegiatan diskusi
2.
Harus memperhitungkan waktu yang harus kita sediakan agar apa yang akan
disampaikan dapat tersampaikan sesuai dengan waktu yang disediakan.
3.
Meningkatkan alat – alat yang dapat mendukung tercapainya keberhasilan
dalam melakukan diskusi, agar audien dan pemateri dapat memiliki kesinambungan
atau pemikiran yang sejalan.
C.
Melampirkan Notula
Notula merupakan catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat)
ataupun diskusi serta hal-hal yang dibicarakan dan diputuskan. Notula tidak
memiliki format yang standar. Hal ini tergantung pada kesepakatan organisasi
yang menyelenggarakan acara notula tersebut.
Notula Diskusi
Judul
Diskusi : Menganalisis contoh laporan hasil perjalanan
Tempat dan waktu : Ruang SMKN 9 GARUT di kelas XII Multimedia
duatanggal 16 November 2015 pada jam 08.30 WIB.
Penyaji atau
Pembicara : Diana Lisnawati, Evi juliani, Siska wahyuni.
Moderator :
Resi
Acara
1.
Pembukaan : prakata dari moderator mengenai diskusi yang dilaksanakan
2.
Penyajian : Menyajikan materi penganalisisan laporan diskusi
3.
Tanya-Jawab : Dalam sesi ini hanya ada satu penanya yaitu:
Penanya : Yeni rahmawati
Penjawab : Diana lisnawati
Yeni : Dalam pembahasan
laporan perjalanan ada yang disebut dengan naratif/deskriftif lalu apa yang
dimaksud hal tersebut?
Diana : yang dimaksud dengan
teks naratif adalah sebuah teks yang bersifat menguraikan dan menjelaskan kerangka
atau proses yang subjeknya merupakan suatu rangkaian kejadian. Sedangkan teks
deskriptif adalah sebuah teks tang bersifat menggambarkan apa adanya sebuah
keadaan sebuah prosa yang yang dirasa lebih segar penyajiannya.
4.
Saran Peserta : Meningkatkan kreatifitas dan mampu memahami secara
menyeluruh tentang pembahasan yang sedang
didiskusikan.
5.
Simpulan diskusi : Kesimpulan dari hasil diskusi ini telah dilaksanakan
dengan baik dan lancar. Simpulan dari diskusi ini adalah memahami apa unsur - unsur yang terdapat dalam
pembuatan laporan hasil perjalanan.
Notulis
( Mastatin )
Laporan ini sangat sederhana dan jauh dari kata sempurna untuk itu, mohon
ma’af yang sebesar-besarnya karena laporan ini merupakan laporan pertama yang
saya buat maka wajar jika masih banyak kurang disana sini, ini hanya gambaran
tentang laporan hasil diskusi. Semoga ada manfaatnya.
Mohon kritik dan sarannya.